4 Cara Atasi Kulit Kering dengan Pelembab untuk Kulit Kering

Infotion.com – Kulit Anda masih kering? Ini sudah tahun 2018, lho! Saatnya move on dengan menggunakan pelembab untuk kulit kering. Kalau pemakaiannya dilakukan dengan benar, tidak akan menyebabkan efek samping apa pun. Sebaliknya, kulit Anda akan lebih hidup dari sebelumnya. Lebih lembab juga dan enak dipandang mata. Bagaimana caranya?

Kulit Kering
Ilustrasi

1. Bersihkan Kulit Tiap Kali Mau Pakai
Bisa saja sih pakai pelembab dengan catatan kulit tanpa dibersihkan dulu. Tapi efeknya tidak begitu terasa. Bayangkan saja. Di permukaan kulit masih banyak kotoran, debu, dan barangkali jamur. Dalam kondisi seperti itu, kemudian dipakaikan pelembab. Menurut Anda, apakah akan efektif dan bekerja dengan mulus?

Tentu tidak. Kotoran, debu, dan jamur harus disingkirkan dulu dengan cara membasuhnya dengan air bersih. Kalau tidak mau capai-capai basuh, oleskan pelembab kulit setiap kali Anda selesai mandi. Ketika kulit masih segar-segarnya dan dikasih pelembab, maka sel-sel yang lama mati akan tumbuh menjadi tunas sel kulit yang baru dan aktif.

2. Pakai Pelembab 3 Kali Sehari Saja
Sama seperti waktu mandi Anda. Dua kali sehari sudah cukup. Pagi dan sore. Kalau mau tiga kali juga boleh. Asalkan dilakukan menjelang tidur. Bahkan kalau dilakukan sebelum tidur, prosesnya bisa lebih cepat. Hanya saja, kebanyakan masih pada malas mencuci kulit di malam hari. Lebih suka langsung tidur demi mengejar nikmatnya tidur karena mengantuk.

Kok bisa pelembab untuk kulit kering bisa berfungsi optimal ketika dipakai jelang tidur? Pada waktu tubuh istirahat, semua anggota badan akan istirahat, kecuali jantung dan otak. Saat mereka tengah istirahat, barulah kandungan dalam pelembab kulit akan bekerja dengan maksimal. Soalnya posisinya tengah rileks. Berbeda ketika Anda dalam keadaan sadar.

3. Pijat Bagian yang Diolesi dengan Pelembab
Cara pijatnya tidak perlu terburu-buru. Pelan saja dengan cara menekan-nekan titik tempat dioleskannya pelembab. Kemudian gerakkan jari Anda ke kanan dan ke kiri secara teratur. Jangan lupa pula gerakkan maju dan mundur. Kalau permukaan kulit sudah terasa fresh, baru hentikan.

Lakukan pemijatan paling tidak 5 hingga 10 menit. Tujuan dari pemijatan ini adalah untuk membuat pelembab yang dipakai bisa terserap ke dalam pori-pori kulit. Hanya saja, pastikan pakai pelembab yang memiliki bahan-bahan alami. Biar kulit Anda tidak rusak gara-gara pelembab masuk ke jaringan bawah kulit.

4. Pakai Perlindungan Ekstra
Perlindungan ekstra ini sangat berguna ketika Anda bepergian di pagi hingga sore hari. Setelah kulit diberi pelembab, ada baiknya langsung diselimuti dengan pelindung tertentu. Salah satu yang cukup ampuh adalah ekstrak lidah buaya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Secara umum, pelembab untuk kulit kering sangat cocok untuk pria dan wanita yang berada di perkotaan. Di kota itu kan cuacanya sering panas. Banyak pula debu jalanan yang siapa tahu menyusup ke pori-pori kulit Anda. Kalau dibiarkan, maka kulit yang semula mulus pun bisa berubah jadi kurang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *