4 Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi yang Mengganggu

Infotion.com – Bagi seorang ibu, biang keringat pada bayi yang mengganggu bukan masalah yang sepele. Awalnya mungkin biasa saja. Tapi kalau dibiarkan, rasa tidak nyaman tersebut bisa menghantui si kecil. Sebagai orang tua, bukankah sebaiknya langsung bertindak? Untuk lebih mudahnya, silakan simak 4 cara mengatasi biang keringat pada bayi seperti yang tertera di bawah ini.

Cara Atasi Biang Keringat
Ilustrasi

1. Kenakan Pakaian yang Tepat untuk Bayi
Mulai sekarang, stop berpikir kalau semua pakaian bayi tepat untuk bayi. Tepat atau tidaknya itu tergantung bagaimana cara perusahaan memproduksinya. Berhubung kita posisinya sebagai konsumen, maka tidak perlu memikirkan produksi lagi. Cukup tengarai pakaian yang tepat lewat tanda-tandanya.

Misalnya dengan menilai dari segi bahan pembuatnya. Biasanya, pakaian yang bisa menyerap keringat bayi terbuat dari bahan katun. Material ini berasal dari bahan alami. Jadi sangat aman ketika cuaca tengah panas-panasnya. Kemudian hindari pakaian yang berbahan sintetis. Soalnya bisa daya serapnya rendah.

2. Pilih Pakaian Bayi yang Longgar
Pakaian yang ketat juga tidak bagus untuk tumbuh kembang bayi. Tidak bagus pula ketika suhu udara tengah panas-panasnya. Nanti jadi biang keringat yang sangat mengganggu. Anda tidak mau, kan? Oleh karena itu, pakaikan yang longgar-longgar saja. Jangan terlalu berpatokan pada ukuran pas bayi. Kalau bisa yang di atasnya sedikit.

Selain jadi biang keringat pada bayi yang mengganggu, pakaian ketat juga bisa membuatnya tidak nyaman. Entah pada waktu ditimang sang bunda, entah saat mau tidur, maupun ketika diajak jalan-jalan. Tanda-tandanya sangat jelas terlihat. Bayi akan lebih mudah menangis ketika pakaian yang dikenakan terlalu ketat.

3. Praktikkan Cara Mandi yang Baik
Bagi seorang ibu yang baru mengasuh anak sendiri mungkin belum begitu tahu cara memandikannya. Jangan sungkan-sungkan untuk minta diajari oleh ibu Anda. Pasti beliau dengan sukarela akan membantu mengatasi masalah Anda. Bisa pula minta diajari yang lebih tahu, apabila ibu sudah tiada.

Cara mandi yang kurang baik juga bisa menyebabkan biang keringat pada bayi. Khususnya pada daki yang tidak dibersihkan dengan sempurna. Bagian yang paling sering diabaikan itu sekitar lipatan-lipatan pada tubuh bayi. Misalnya lipatan lutut, siku, maupun pangkal paha. Setelah dimandikan, lipatan tersebut usahakan selalu kering.

4. Pakai Bedak Bayi yang Tepat
Ketika Anda mau memberikan bedak bayi, pastikan tubuhnya benar-benar kering dulu. Soalnya kalau masih basah dan diberi bedak, badannya akan gerah. Ujungnya merasa tidak nyaman. Kalau sudah begitu, bedak yang biasa-biasa saja pun bisa jadi biang keringat juga. Oleh karena itu, handuki buah hati Anda secara berulang agar cepat kering.

Ketika bayi Anda terindikasi gatal-gatal, usahakan tahan tangannya agar tidak mudah menggaruk. Nanti bisa menjadi biang keringat pada bayi yang mengganggu juga. Bayi yang sehat akan jauh dari biang keringat. Bisa dilihat dari penampilannya kok. Kalau sering kena berkeringat dan tidak diurus, tampilannya juga kurang cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *