Lakukan Trik Ini Untuk Bisa Membeli Rumah Di Usia Muda

Infotion.com – Bagi kita selaku kaum muda membeli rumah merupakan hal yang tidak kita prioritaskan saat ini. Kesenangan masa muda untuk menghabiskan waktu dengan teman dan kerabat menjadi keseharian yang tidak terlewatkan. Meski begitu ternyata tidak sedikit pula anak muda saat ini yang sudah memiliki pola pikir yang cukup maju untuk mengumpulkan uang demi membeli rumah pribadi.

Membeli Rumah
Ilustrasi

Membeli rumah tidak hanya menjadi sebuah keharusan bagi mereka yang sudah memliki pasangan atau yang akan segera melaju ke pelaminan. Siapapun itu, demi menjamin kesejahteraan di masa mendatang menjadikan rumah sebagai sebuah prioritas. Tidak sedikit masyarakat saat ini yang merasa kesulitan dan enggan untuk menabung dan menyicil dana untuk membeli rumah. Membeli rumah secara tunai masih sangat diharuskan, dan anggapan membeli rumah dengan cara kredit masih saja dianggap sebelah mata. Padahal kedua cara tersebut memiliki keuntungan dan tujuan yang sama yakni untuk membeli dan memiliki rumah sendiri.

Dengan niat dan komitmen yang kuat kita bisa denan mudah untuk mewujudkan impian membeli rumah sendiri. Menabung merupakan cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Bila kita paham akan bagaimana cara dan trik menabung yang tepat dan tidak membuat kita merasa berat untuk melakukannya. Bukan lagi hal yang mustahil bagi kita untuk segera bisa membeli rumah sendiri. Mari kita simak bersama bagaimana dan apa saja cara menabung yang dapat kita lakukan.

Menyisihkan uang setiap awal bulan dengan disiplin
Ketika hari gajian tiba, langsung sisihkan dan tabungkan uang setidaknya 10 % hingga 20 % dari total gaji. Sebelumnya terlebih dahulu hitung dan perkirakan semua kebutuhanmu selama satu bulan kedepan. Alokasikan uang gaji untuk semua keperluanmu. Untuk menentukan berapa nominal yang akan kamu tabungkan penuhi terlebih dahulu kebutuhanmu selama satu bulan. Meskipun memang pada awalnya akan terasa cukup berat untuk menyisihkan uang seperti ini. Namun apapun yang sudah dibiasakan tentu tidak akan menjadi terasa memberatkan lagi.

Deposito
Deposito atau tabungan berencana merupakan salah satu alternative yang cukup praktis dan mudah dilakukan untuk kamu yang tidak ingin ribet dan kesulitan menyisihkan uang. Pada umumnya tabungan berencana atau deposito ini akan autodebet secara langsung dari rekeningmu pada setiap bulannya. Sehingga ketika kamu mendapatkan gaji di awal bulan nominal tertentu akan langsung mengalir ke tabungan deposito mu. Nilai atau nominalnya bisa kamu tentukan sendiri, hal ini pun harus disesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Tabungan deposito ini bisa kamu lakukan dalam periode atau jangka waktu tertentu mulai dari 1 tahun hingga 3 atau 5 tahun yang akan datang. Dengan cara ini kamu akan dipaksa untuk disiplin menabung pada setia bulannya.

Kurangi hura – hura
Tidak ada salahnya memang mengeluarkan uang hasil keringat kita sendiri untuk bersenang – senang dengan teman dan kerabat. Melepas lelah bersama untuk mendapatkan semangan kembali bekerja. Namun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk lebih sering mengeluarkan uang sebagai penyemangat bekerja. Tentunya bila kegiatan seperti ini sedikit dikurangi akan sedikit membantu proses menabung untuk membeli rumah yang kita impikan.

Sisikan uang dengan nominal tertentu
Menabung atau menyisihkan uang dengan nominal tertentu tentu akan membuat kamu lebih mudah untuk menabung. Misalnya kamu memutuskan untuk menabungkan setiap uang Rp. 20.0000 yang ada ditanganmu atau yang kamu temukan. Uang Rp. 20.000 tidak memiliki lembaran yang cukup banyak pada setiap kamu mendapatkannya. Terapkan pola pkir bahwa uang lembaran Rp. 20.000 harus kamu tabungkan untuk membeli rumah. Hal ini cukup unik dan menarik serta mnyenangkan untuk dilakukan.

Jangan lupa pertimbangkan rumah pinggiran kota
Membeli rumah yang terletak tepat di pusat kota yang memudahkan segala akses dan perjalanan serta kebutuhanmu. Namun bila kamu pandai memilih. Rumah yang terletak di pinggiran kota pun bisa membuat kamu nyaman ketika menempatinya. Tidak semua rumah pinggiran kota akan membuat kamu kesulitan. Letaknya memang cukup jauh dari pusat kota namun jika akses jalannya baik dan mudah untuk dilalui maka kamu pasti akan nyaman menjalaluinya. Selain itu umumnya rumah yang ada di pinggiran kota memiliki nilai jual yang cukup bersahabat atau bahkan lebih murah dibandingkan dengan pusat kota.

Investasi emas
Emas merupakan logam yang amat sangat disukai oleh berbagai gender meskipun nyatanya sebagian besar didominasi oleh wanita. Investasi emas untuk membeli rumah merupakan hal yang sayang untuk dilewatkan. Mecoba hal – hal menarik sekaligus menguntungkan, kapan lagi bisa kita lakukan ? kamu tentu mengetahui dengan baik bila nilai jual emas ini memiliki bilai yang cenderung terus mengalami kenaikan. Cobalah untuk menyicil membeli emas murni setiap sua atau tiga bulan sekali. Tapi ingat beli emas murni bukan emas perhiasan. Emas murni tidak akan mengalami penurunan harga.

Sudah menemukan cara yang paling tepat untuk dilakukan. Beberapa cara diatas bisa kamu jadikan sebagai referensi. Terapkan satu cara saja sudah cukup, namun bila kamu masih sanggup untuk menerapkan 2 atau 3 cara tentu tidak akan menjadi masalah. Selama cara yang kamu lakukan tidak membuat kamu merasa berat dan kesulitan menjalaninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *