4 Proses Simpel Bikin Kopi Susu Dingin Espresso Pakai Teknik Moka Pot

Infotion.com – Kopi susu tidak harus dinikmati dalam suhu yang hangat. Dalam suasana dingin pun rasa kopi masih kuat dan sama-sama menawan. Salah satu proses cara membuat kopi susu yang enak itu dengan teknik Moka Pot. Teknik Moka Pot sering dikaitkan dengan pembuatan kopi espresso. Jadi kali kini kita akan membuat kopi espresso dingin yang sama sekali beda dengan kebanyakan. Inilah 4 proses simpelnya.

Kopi Susu
Ilustrasi: cnnindonesia.com

Proses Membuat Kopi Susu Pertama: Persiapan

Langsung saja. Segera kamu siapkan bahan-bahan kopi susu dingin secara lengkap. Biar cepat menikmati kopi yang akan kita bikin. Adapun bahan-bahannya antara lain alat seduh Moka Pot, susu, bubuk kopi yang agak kasar, air, gula, kompor, dan es. Kelima bahan pokok ini wajib ada kalau mau bikin kopi susu dingin dengan cita rasa espresso.

Mulai Proses Kedua: Pemanasan

Masukkan bubuk kopi ke funel yang terlebih dahulu sudah diisi air. Pastikan jumlah kopi tidak melebihi batas saringan. Kalau ada bubuk kopi yang menempel di tepi funel, singkirkan. Letakkan pot di atas chamber. Lalu putar sambil memegang bagian tengah pot biar tidak patah. Panaskan di atas kompor dan tunggu hingga ada suara “deguk” sebelum diangkat.

Proses Ketiga: Pengadukan

Sebelum kopi dituang ke cangkir lebih baik diaduk dulu. Tepatnya setelah bagian atas pot sudah tersisi penuh dengan kopi. Baru ditambahkan gula secukupnya saja. Kemudian aduk sampai benar-benar merata. Karena kita akan bikin kopi susu dingin, lebih baik panaskan susu 1 sampai 2 menit saja sampai keluar busa. Lalu susu itu tuangkan ke atas minuman kopi.

Proses Keempat: Pendinginan

Pada proses cara membuat kopi susu yang enak di atas sebetulnya sudak cukup. Itu kalau yang versi hangat. Kalau mau yang dingin beda lagi. Proses pendinginan sebelum masuk kulkas itu kurang lebih 1 jam. Hal ini dilakukan biar cita rasa yang sudah dibangun sejak awal akan terjaga hingga akhir nanti. Sementara lamanya pendinginan di kulkas sekitar 2 jam saja.

Proses Kelima: Minumlah dengan Santai

Setelah proses ketiga selesai, sudah waktunya kamu ambil secangkir kopi susu dinginmu. Dari kejauhan saja pasti sudah tercium aromanya yang khas. Coba hirup baunya? Kamu bisa menikmatinya dengan santai. Misal sambil baca koran boleh. Atau ajak pasanganmu minum kopi bersama. Kalau cuma secangkir kopi? Bukankah secangkir berdua lebih romantis?

Secara tampilan, kopi susu dingin espresso buatan kita sangat mewah. Tidak kalah dengan kopi-kopi yang biasa disajikan di kedai kopi terkenal sekalipun. Dengan mengetahui proses cara membuat kopi susu yang enak ini, pasti kamu penasaran mau coba cara lain, kan? Caranya hampir sama. Tapi soal eksperimennya bisa kamu kreasikan sendiri. Kemudian kenalkan ke tetangga, siapa tahu mereka akan pesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *