Mau Lulus Wawancara Kerja? Pastikan Anda Melakukan 5 Hal Ini

Infotion.com – Semua orang pasti berharap untuk lulus wawancara kerja, karena wawancara kerja memang dianggap sebagai salah satu momok menakutkan bagi banyak orang. Tak jarang juga ada yang gagal pada tahap ini. Oleh karena itulah banyak orang yang mempersiapkan segalanya agar bisa lulus. Nah, jika Anda ingin lulus wawancara kerja, simak tips wawancara kerja berikut ini.

Wawancara Kerja
Ilustrasi

1. Berpenampilan yang Sesuai

Langkah pertama yang harus Anda persiapkan agar lulus wawancara kerja adalah perhatikan penampilan mulai dari pakaian yang Anda gunakan, hingga tampilan fisik Anda. Dalam artian, pakailah pakaian yang formal, seperti kemeja. Begitu juga dengan tampilan fisik, usahakan rambut, kumis, jenggot, dan lain-lainnya di cukur agar terlihat rapi, sehingga HRD senang melihat Anda.

2. Antisipasi Pertanyaan

Sebelum Anda melakukan wawancara, sudah semestinya Anda melakukan the best preparation, salah satunya yaitu dengan membuat antisipasi pertanyaan. Buat sebuah catatan untuk mengantisipasi kira-kira apa yang akan ditanyakan oleh HRD. Misalnya, kelebihan dan kekurangan Anda, pengalaman kerja, bidang yang disukai, motivasi untuk bekerja, dan sebagainya. Persiapkan segalanya dengan matang.

3. Bersikap Tenang dan Berwibawa

Saat melakukan wawancara, usahakan Anda terlihat tenang dan berwibawa dalam menjawab pertanyaan. Meskipun Anda merasa gugup, tetap paksakan diri Anda untuk terlihat tenang. Jika Anda mampu bersikap tenang, maka HRD akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang memiliki mental yang baik. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk melatihnya sebelum wawancara.

4. Ajukan Pertanyaan

Tips wawancara kerja selanjutnya yaitu jangan lupa ajukan pertanyaan ketika HRD selesai memberikan pertanyaan kepada Anda. Kenapa? Itu mengindikasikan bahwa Anda adalah orang yang punya keingintahuan yang tinggi dan memiliki inisiatif. HRD akan suka dengan tipe karyawan seperti itu. Jangan hanya bisa menjawab pertanyaan, Anda juga harus bisa mengajukan pertanyaan. Tapi ingat, ajukan pertanyaan yang berkualitas, jangan asal-asalan.

5. Berdoa saat akan Wawancara Kerja

“Usaha tanpa doa adalah kebohongan, doa tanpa usaha adalah kesombongan”. Quote tersebut mengindikasikan bahwa jika Anda sudah berusaha, tapi tidak mau berdoa, maka Anda dianggap sebagai orang yang sombong. Ingatlah, segala keputusan ada ditangan Tuhan. Lalu, mengapa Anda tidak mau menadahkan tangan dan meminta pertolongan kepadaNya? Jangan sombong, ya.

Demikianlah informasi mengenai tips wawancara kerja. Semoga informasi ini semakin menguatkan tekad Anda agar tidak lupa mempersiapkan segalanya dengan baik. Percayalah, the better the preparation, the greater the chance to get the success.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *