Keuntungan Menggunakan Mesin Cuci Piring

Infotion.com – Alat yang satu ini kurang populer penggunaannya oleh masyarakat Indonesia keculai oleh kalangan tertentu saja, masyarakat kita lebih menyukai cara cuci piring dengan cara-cara lama yaitu dengan menggunakan tangan secara langsung, padahal dengan menggunakan mesin cuci piring otomatis maka banyak keuntungan yang didapat, diantaranya yaitu:

Mesin Cuci Piring
Ilustrasi
  1. Hemat waktu, dengan menggunakan mesin cuci piring ini maka waktu yang diperlukan untuk membersihkan peralatan yang kotor lebih cepat bila dibandingkan dengan mencuci piring dengan menggunakan tangan secara langsung, saat semua peralatan sedang disuci dengan mesin maka kita dapat melakukan pekerjaan lain sambil menunggu mesin tersebut menyelesaikan tugasnya.
  2. Hemat air, air yang diperlukan untuk mencuci peralatan  lebih sedikit karena air yang dialirkan menggunakan sistem semprot bertekanan, jadi tentu saja air yang digunakanpun menjadi lebih sedikit dan tidak terlau boros dalam pemakaian nya.
  3. Lebih higienis, karena tanpa campur tangan kita, dan saat peralatan dibersihkan tidak ada celah atau ruang yang terhubung ke luar jadi tidak terjadi kontaminasi dari udara luar.
  4. Lebih bersih, air yang telah bercampur sabun pencuci piring akan disemprotkan dengan sebuah tekanan sehingga mengakibatkan terlepasnya kotoran yang melekat pada peralatan yang kotor.
    Kotoran akan langsung dibuang/dialirkan ke saluran pembuangan.

Adapun Cara memakai mesin cuci piring yaitu:

  • Buka tutup mesin pencuci piring, lalu letakkan semua peralatan pada rak yang tersedia sesuai dengan tempatnya masing-masing.
  • Masukkan sabun cair khusus pencuci piring ke tempat yang tersedia.
  • Masukkan rak ke dalam mesin pencuci piring.lalu tutuplah mesin cuci anda
  • Setelah mesin dinyalakan maka air akan disemprotkan di dalam mesin, dengan bantuan sebuah baling-baling maka air tersebut akan disemprotkan ke segala arah.
  • Setelah proses mencuci selesai keluarkanlah semua peralatan dari dalam alat pencuci piring lalu simpanlah di tempat yang telah anda sediakan, misalnya di dalam kitchen set.

Dan Tips merawat  dalam penggunaan mesin pencuci piring yaitu:

  • Periksa bagian rak rak pencuci kalau-kalau ada kotoran yang melekat, apabila lada bersihkan dengan spon lalu bilas hingga bersih.
  • Hindari mencuci peralatan atau benda-benda yang mengandung minyak, asam, karat, cat karena akan memudaha perkaratan pada mesin pencuci.
  • Janganlah membuka tutup mesin cuci piring saat mesin sedang bekerja/digunakan,karena bisa mengakibatkan mesin tersebut mudah rusak.
  • Untuk peralatan yang tajam dan panjang seperti pisau, sebaiknya didiletakkan secara mendatar, dan bagian yang tajam menghadap ke atas atau ke bawah, hal ini berguna agar alat tersebut dapat bersih secara menyeluruh ke setiap bagiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *