Wisata Alam Taman Nasional Pulau Komodo Dragon

Infotion.com – Pulau komodo dragon yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Pulau komodo merupakan taman nasional yang merupakan rumah unik untuk para komodo yang langka. Karena hewan ini merupakan salah satu hewan langka, pulau ini dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986.

Pulau Komodo Dragon
Pulau Komodo Dragon

Ditaman nasional ini terbagi menjadi tiga pulau utama, Komodi, Rinca dan juga Padar serta beberapa pulau kecil yang totalnya sekitar 603 km persegi. Dan setidaknya ada 2.500 komodo yang hidup didaerah ini. Komodo Dragon memiliki panjang yang biasanya sekitaran tiga meter dan memiliki berat sampai dengan 90 kg. Habitatnya di pemandangan yang indah panorama savana, hutan hujan, pantai putih, karang dan juga laut biru yang bersih. Didaerah ini juga kamu dapat menemukan kuda, kerbau liar, rusa, babi hutan, ular, monyet dan beragam jenis burung.

Di pulau rinca, kamu dapat melihat komodo berbaring. Jika kamu tidak melihat komodo dragon di pulau Rinca kamu dapat melihatnya di pemandangan pantai yang berpasir putih, hutan bakau, padang rumput.

Kamu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti diving dan juga snorkeling. Kamu dapat meminjam kapal pesiar atau kapal nelayan untuk melakukan kegiatan ini. Ada banyak titik penyelaman yang sangat dianjurkan untuk kamu kunjungi seperti di Pantai batu Bolong dan pulau-pulau Tatawa.

Pulau komodo ini juga memiliki banyak ragam biota laut yang cukup menakjubkan. Para penyelam mengklaim bahwa perairan komodo merupakan salah satu situs untuk menyelam terbaik yang ada didunia. Dengan memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menarik. Kamu dapat menemukan 385 spesies karang yang sangat indah, hutan mangrove, dan juga rumput laut sebagai rumah untuk ribuan spesies ikan dengan 70 jenis karang, dan 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau dan beragam jenis hiu dan juga ikan pari. Perairan ini juga ikelilingi oleh pulau yang bergolak dan penuh dengan kehidupan.

Tentu saja kamu akan dapat dengan mudah menjadi teman yang terpercaya bagi pulau ini. Baik hal yang kebanyakan orang lain tidak pernah meninggalkan rumah. Jika kamu menginginkan melihat beragam hewan yang asli tinggal di habitatnya. Kamu harus berjalan sedikit jauh kebukit terdekat. Kaena di pulau komodo kamu harus mendaki gunung ara yang memiliki tinggi 538 meter diatas permukaan lain selama waktu tempuh kisaran tiga sampai dengan empat jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *