Apa Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Manusia? Ini Penjelasannya

Infotion.com – Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia sangatlah banyak dan mungkin tidak akan selesai dibahas dalam satu buku. Pada dasarnya setiap orang hanya perlu menyadari bahwa tubuh tidak seperti mesin yang akan rusak apabila terlalu sering dipakai. Justru tubuh akan lebih bugar apabila digunakan untuk beraktivitas. Dengan catatan olahraga tidak dilakukan melampaui kemampuan tubuh. Memangnya apa saja manfaat olahraga?

Manfaat Olahraga
Ilustrasi

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia Secara Fisik dan Mental
Melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan secukupnya tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tapi juga membuat mental menjadi lebih sehat. Bahkan olahraga bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih bahagia. Jadi sepertinya tidak ada alasan untuk malas berolahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberappa manfaat olahraga bagi kesehatan manusia untuk jasmani dan rohani.

1.    Memperbaiki Mood
Ketika Anda sedang bersedih atau galau, jangan semakin tenggelam dalam suasana sedih tersebut. Lakukanlah aktivitas untuk memperbaiki mood Anda. Salah atunya adalah olahraga. Berolahraga selama kurang lebih 30 menit cukup efektif untuk mengembalikan mood Anda. Setidaknya Anda bisa melakukan joging, bersepeda, atau jalan-jalan. Niscaya perasaan sedih Anda sedikit demi sedikit akan terkikis.

2.    Mencegah Penyakit
Berolahraga secara rutin bisa menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit jantung atau hipertensi. Aktivitas fisik ternyata bisa menurunkan kadar LDL dan trigliserida di dalam tubuh. Sebaliknya, saat berolahraga jumlah HLD atau kolesterol baik akan meningkat. Dengan demikian Anda sudah menjauhkan jarak dari berbagai risiko terkena penyakit berbahaya. Selain jantung dan hipertensi, olahraga juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker, dan radang sendi.

3.    Mengontrol Berat Badan
Jika Anda ingin melakukan diet yang baik, jangan hanya mengatur pola makan saja. Akan tetapi Anda juga perlu berolahraga untuk mencapai berat badan yang ideal. Olahraga bisa membakar kalori di dalam tubuh dan mengubah kelebihan lemak menjadi energi. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa olahraga akan membuat metabolisme semakin lancar. Bahkan setelah olahraga selesai pun metabolisme akan tetap tinggi.

4.    Meningkatkan memori
Anda merasa mudah lupa belakangan ini? Mungkin Anda mulai meninggalkan aktivitas olahraga. Pasalnya dengan berolahraga ternyata kemampuan memori bisa meningkat. Ketika tubuh mengeluarkan keringat, produktivitas hippocampus pun akan meningkat. Di mana hippocampus adalah bagian otak yang berfungsi untuk meningkatkan memori. Mulai dari anak-anak sampai dewasa bisa merasakan manfaat olahraga yang satu ini.

5.    Meningkatkan Energi
Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang berikutnya adalah bisa meningkatkan energi. Dengan demikian, tubuh pun terasa lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pasalnya dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam tubuh juga akan meningkat. Kondisi ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh juga, sehingga Anda tidak rentan terserang penyakit. Saat berolahraga, jantung dan paru-paru juga akan bekerja secara optimal, sehingga energi yang dihasilkan pun lebih besar.

Meskipun manfaat olahraga bagi kesehatan manusia untuk jasmani dan rohani sangat banyak, namun perlu Anda perhatikan supaya tidak berolahraga secara berlebihan. Hal tersebut justru akan membuat tubuh Anda kelelahan dan bahkan terasa sakit di sekujur tubuh. Maka dari itu apabila Anda sudah merasa lelah, jangan paksakan tubuh untuk terus bergerak. Minimal istirahatlah beberapa menit, minum air putih, kemudian lanjutkan lagi olahraga secukupnya dan semampu Anda.

Bagaimana? Masih malas berolahraga? Luangkan waktu Anda untuk berolahraga dan dapatkan hidup yang lebih sehat. Selengkapnya mengenai hal ini bisa dibaca di dedaunan.com http://dedaunan.com/apa-manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-manusia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *