Tips Olahraga untuk Darah Rendah

Infotion.com – Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah rendah ketika tekanan darahnya berada pada kisaran < 90/60 mmHg. Orang-orang memiliki tekanan darah rendah akan mengalami beberapa gejala antara lain; sering pusing dan mata berkunang-kunang.

Olahraga untuk Darah Rendah
Olahraga untuk Darah Rendah

Kebanyakan penderita tekanan darah rendah merasa takut untuk melakukan aktivitas olahraga karena khawatir penyakitnya akan kambuh secara tiba-tiba, padahal sebenarnya olahraga justru akan semakin meningkatkan kondisi kesehatannya menjadi lebih baik. Nah, untuk itu simak tips olahraga untuk darah rendah berikut ini!

Olahraga Aman untuk Penderita Darah Rendah
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan karena berhubungan langsung dengan fisik. Banyak manfaat yang kita peroleh dari berolahraga, antara lain menjaga berat badan tetap stabil, membentuk tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu kita akan selalu terlihat bugar dan selalu sehat.

Namun beberapa orang yang mengidap penyakit tertentu harus paham mengenai tata cara olah raga yang tepat, artinya harus bisa menentukan jenis olahraga apa yang tepat untuk dirinya dan seberapa banyak porsi yang dilakuan. Salah satunya adalah penderita tekanan darah rendah.

Sebenarnya para penderita tekanan darah rendah tidak perlu takut untuk berolahraga karena olahraga justru akan membantu tekanan darahnya menjadi stabil. Hal ini karena olahraga akan menyebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran pada paru-paru dan jantung. Jantung mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara lebih efisien.

Namun yang perlu ditekankan di sini adalah penderita harus tahu jenis olahraga yang tepat. Lalu bagaimana olahraga untuk darah rendah yang aman? Mengenai jenis olahraga yang aman untuk darah rendah adalah jenis olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan organ paru-paru dan jantung sehingga membuat tekanan darah normal/stabil. Beberapa olahraga yang dimaksud antara lain berenang, jalan cepat, jogging, bersepeda, dan mendayung (rowing). Selain itu Anda juga bisa melakukan jenis olahraga yang bersifat meningkatkan kekuatan otot, misalnya latihan beban dengan intensitas ringan.

Jika Anda merupakan penderita darah rendah, cara olahraga yang aman untuk darah rendah adalah menghindari melakukan olahraga di bawah terik matahari. Artinya lakukan olahraga pada pagi hari atau sore hari saja. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan sesudahnyu. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga suhu tubuh dan tekanan darah tetap stabil. Anda juga harus melakukan olahraga secara rutin, misalnya 3-4 kali seminggu dan lakukanlah sesuai dengan kemampuan Anda. Artinya jika Anda merasa lelah, maka berhenti, beristirahatlah dan jangan terlalu memaksakan diri.

Nah, jangan lupa konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencegah terjadinya dehidrasi karena olahraga dapat meningkatkan keluarnya cairan tubuh berupa keringat.
Demikian tips olahraga untuk darah rendah yang aman untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *