Tips Berlari untuk Penderita Asma

Infotion.com – Penderita Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah kambuh. Apabila kambuh, penderita terlihat sangat menderita karena susah bernafas Oleh sebab itu penderita asma selalu berusaha menghindari beberapa aktivitas yang dianggap bisa memicu hal tersebut. Salah satu yang dihindari adalah olahraga lari.

Tips Berlari untuk Penderita Asma
Tips Berlari untuk Penderita Asma

Memang, secara kesehatan olahraga lari bisa memicu kambuhnya penyakit asma. Namun sebenarnya olahraga ini baik untuk penderita asama, yaitu bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap stabil, menurunkan resiko penyakit jantung, memperkuat otot pernafasan, serta memberi manfaat secara psikologis. Namun jika penderita asma ingin melakukan akvitas olahraga lari, harus paham secara benar tata caranya. Untuk itu simak tips berlari untuk penderita asma berikut ini!

Tips Berlari untuk Penderita Asma yang Aman
Secara ilmiah bagaimana lari bisa memicu terjadinya gejala asma? Atau mengapa lari bisa membuat penyakit asma menjadi kambuh? Hidung merupakan organ pernafasan yang bertugas untuk menghangatkan udara dan menyaring udara yang masuk ke paru-paru.

Nah, pada saat berlari kita memerlukan udara yang lebih banyak untuk bernafas. Secara tak sadar mulut kita akan ikut membuka dan masuklah udara melalui mulut. Akibatnya udara masuk ke paru-paru begitu saja tanpa dihangatkan di hidung dan tanpa  melalui penyaringan. Maka tips berlari untuk penderita asma, yaitu;

Cara aman berlari untuk penderita asma adalah konsultasilah pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk melakukan olahraga lari. Jika Anda memang sangat ingin melakukan aktivitas tersebut, maka dokter akan melakukan pengendalian asma Anda, dan Anda akan diberikan beberapa petunjuk jika tiba-tiba penyakit asma Anda kambuh saat di perjalanan.

Lakukan pemanasan sebelum Anda memulai aktivitas olahraga lari, dan mulailah berlari secara perlahan dan tambah porsi sedikit demi sedikit.

Batasi porsi olahraga lari yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan olahraga tesebut sebatas kemampuan Anda saja, dan tidak perlu memaksakan karena lari tergolong aktivitas berat bagi penderita asma jika terlalu dipaksakan.

Berhentilah merokok karena merokok dapat mengiritasi paru-paru sehingga memperparah penyakit asma Anda.

Cara aman berlari untuk penderita asma adalah pertimbangkan masalah cuaca karena sebagian besar penderita asma akan mengalami kambuh pada cuaca yang dingin. Untuk itu jika cuaca memang fsangat dingin, hindari berlari di luar ruangan. Atau jika Anda ingin berlari di luar ruangan kenakan setelan baju olahraga panjang dilengkapi dengan syal dan masker untuk mengurangi hawa dingin yang menerpa tubuh dan hidung Anda.

Setelah selesai melakukan olahraga lari, berhentilah dan lakukan pendinginan. Setelah itu mandilah dengan menggunakan air hangat.

Jangan lupa untuk selalu membawa inhaler sebagai langkah antisipasi jika penyakit asma Anda tiba-tiba kambuh.

Nah, demikian tips berlari untuk penderita asma yang tersaji untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *