Tips Berlari untuk Penderita Asma

Infotion.com – Penderita Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah kambuh. Apabila kambuh, penderita terlihat sangat menderita karena susah bernafas Oleh sebab itu penderita asma selalu berusaha menghindari beberapa aktivitas yang dianggap bisa memicu hal tersebut. Salah satu yang dihindari adalah olahraga lari.

Tips Berlari untuk Penderita Asma
Tips Berlari untuk Penderita Asma

Memang, secara kesehatan olahraga lari bisa memicu kambuhnya penyakit asma. Namun sebenarnya olahraga ini baik untuk penderita asama, yaitu bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap stabil, menurunkan resiko penyakit jantung, memperkuat otot pernafasan, serta memberi manfaat secara psikologis. Namun jika penderita asma ingin melakukan akvitas olahraga lari, harus paham secara benar tata caranya. Untuk itu simak tips berlari untuk penderita asma berikut ini!

Tips Berlari untuk Penderita Asma yang Aman
Secara ilmiah bagaimana lari bisa memicu terjadinya gejala asma? Atau mengapa lari bisa membuat penyakit asma menjadi kambuh? Hidung merupakan organ pernafasan yang bertugas untuk menghangatkan udara dan menyaring udara yang masuk ke paru-paru.

Nah, pada saat berlari kita memerlukan udara yang lebih banyak untuk bernafas. Secara tak sadar mulut kita akan ikut membuka dan masuklah udara melalui mulut. Akibatnya udara masuk ke paru-paru begitu saja tanpa dihangatkan di hidung dan tanpa  melalui penyaringan. Maka tips berlari untuk penderita asma, yaitu;

Cara aman berlari untuk penderita asma adalah konsultasilah pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk melakukan olahraga lari. Jika Anda memang sangat ingin melakukan aktivitas tersebut, maka dokter akan melakukan pengendalian asma Anda, dan Anda akan diberikan beberapa petunjuk jika tiba-tiba penyakit asma Anda kambuh saat di perjalanan.

Lakukan pemanasan sebelum Anda memulai aktivitas olahraga lari, dan mulailah berlari secara perlahan dan tambah porsi sedikit demi sedikit.

Batasi porsi olahraga lari yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan olahraga tesebut sebatas kemampuan Anda saja, dan tidak perlu memaksakan karena lari tergolong aktivitas berat bagi penderita asma jika terlalu dipaksakan.

Berhentilah merokok karena merokok dapat mengiritasi paru-paru sehingga memperparah penyakit asma Anda.

Cara aman berlari untuk penderita asma adalah pertimbangkan masalah cuaca karena sebagian besar penderita asma akan mengalami kambuh pada cuaca yang dingin. Untuk itu jika cuaca memang fsangat dingin, hindari berlari di luar ruangan. Atau jika Anda ingin berlari di luar ruangan kenakan setelan baju olahraga panjang dilengkapi dengan syal dan masker untuk mengurangi hawa dingin yang menerpa tubuh dan hidung Anda.

Setelah selesai melakukan olahraga lari, berhentilah dan lakukan pendinginan. Setelah itu mandilah dengan menggunakan air hangat.

Jangan lupa untuk selalu membawa inhaler sebagai langkah antisipasi jika penyakit asma Anda tiba-tiba kambuh.

Nah, demikian tips berlari untuk penderita asma yang tersaji untuk Anda. Semoga bermanfaat!

One comment

  1. Halo

    Perkenalkan Nama saya Widya,
    sales marketing dari ZIPZIP yang merupakan yang merupakan sebuah perusahaan yang khusus memproduksi aneka produk kaos
    dan merchandise yang berpusat di kota Bandung, Jawa Barat.

    Melalui email ini, saya dan team ingin menawarkan layanan kami untuk pembuatan produk KAOS JERSEY, Seragam Training,Totebag,Kemeja Seragam hingga Hijab custom untuk membantu Promosi Branding perusahaan Anda.

    Apakah Anda saat ini sedang mebutuhkan sebuah metode tambahan dalam mempromosikan Bisnis Anda ?

    Ingin memberikan souvenir kaos keren ke konsumen yang tersablon logo perusahaan Anda, namun masih bingung ingin desain yang seperti apa?
    atau Anda ingin membuat seragam perusahaan untuk di kenakan di kantor maupun untuk acara GATHERING perusahaan?
    Atau Anda ingin membuat kaos dengan waktu relatif cepat atau EXPPRESS langsung jadi?

    Ya untuk itu kami menghubungi Anda hari ini, karena ZIPZIP siap menjawab semua kebutuhan Anda akan kaos untuk banyak sekali kebutuhan,
    mulai dari untuk seragam kantor sampai dengan untuk seragam seminar termasuk GOODIE BAGS dan souvenir kainnya.

    Kami memiliki workshop di Bandung dengan kelengkapan teknologi sablon cepat dengan tetap menjaga kualitas sablon dan bahan terbaik dengan proses super cepat.

    Produk Branding yang bisa kami buat antara lain :

    Tote BAGS
    Topi
    Kemeja seragam
    Kaos SABLON
    Jersey Bola, Futsal, Jersey Sepeda hingga jersey motor cross
    Hijab Custom

    Semua desain produk ini bisa di sertakan LOGO atau Nama Bisnis Anda untuk meningkatkan VALUE brand yang perusahaan Anda miliki.

    Keuntungan jika Anda mememesan kaos di ZIPZIP antara lain :

    -. Desain kaos selalu GRATIS yang di kerjakan langsung oleh para designer berpengalaman kami.
    -. Harga bisa di sesuaikan dengan budget dari perusahaan Anda
    -. Proses Bisa SUPER CEPAT!

    Untuk itu, jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan layanan Desain GRATIS dan SABLON EXPRESS dari ZIPZIP

    Silahkan hubungi saya di No Whatsapp : http://bit.ly/37N3vBl

    Atas perhatian Anda, kami ucapkan banyak terima kasih

    widya
    marketing
    ZIPZIP.CO.ID

    0813 8888 5251

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *