Inilah Cara Melakukan Renang Gaya Dada

Infotion.com – Berdasarkan hasil riset, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang diyakini bisa mempercepat pertumbuhan. Karena dengan renang gaya dada, seluruh otot tubuh Anda akan bergerak. Selain itu berenang juga bisa meningkatkan hormon pertumbuhan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan lakukan olahraga ini. Dan badi kaum dewasa, berenang juga memiliki manfaat untuk bagi kebugaran tubuh dan mencegah obesitas.

Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berenang juga merupakan olahraga sekaligus rekreasi. Anda tentu sering melihat sebuah keluarga berenang bersama sambil bercengkerama dengan mesra.  Artinya, berenang bisa menambah keakraban keluarga atau sesama teman. Maka tak heran jika berenang merupakan salah satu jenis olahraga favorit bagi seluruh usia.

Dalam berenang, terdapat beberapa gaya antara lain gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada. Salah satu yang akan dibahas disini adalah cara melakukan renang gaya dada. Untuk itu simak ulasan berikut ini! Beberapa Petunjuk Berenang Gaya Dada;

Gaya dada merupakan salah satu gaya dalam berenang yang paling sering dipilih untuk manfaat rekreasi. Beberapa orang mungkin belum tahu bagaimana cara melakukan renang gaya dada. Sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan membaca buku petunjuk berenang gaya dada yang banyak terdapat di perpustakaan atau membelinya di toko buku. Dalam buku akan diulas beberapa gerakan dan manfaat dari renang, termasuk renang gaya dada.

Renang gaya dada umunya banyak dipilih untuk perenang pemula karena lebih mudah. Petunjuk renang gaya dada antara lain posisi tubuh pada kondisi yang stabil dengan kepala yang berada di luar air untuk kurun waktu yang lama. Dan diantara ketiga gaya dalam berenang, renang gaya dada merupakan gaya dengan gerakan yang paling lambat. Renang gaya dada juga disebut renang gaya katak atau breast stroke. Gaya ini juga banyak dilakuan untuk renang jarak jauh karena paling mudah dan dapat dilakukan dengan santai. Petunjuk renang gaya dada adalah sebagai berikut;

1.    Posisikan bahu Anda sejajar dengan air dan kedua tangan terjulur ke depan. Lakukan bersamaan dengan majunya badan Anda.
2.    Tangan kembali ke arah belakang di bawah permukaan air sambil mendorong agar dapat melaju ke depan dengan cepat.
3.    Tekuk kedua kaki Anda, selanjutnya tarik ke depan hingga kedua kaki merapat dan lurus kembali.
4.    Usahakan kepala Anda harus selalu berada di atas permukaan air, kecuali pada saat start dan memutar balik.
5.    Pada saat Anda berbalik dan finish harus dapat menyentuh dinding dengan posisi kedua tangan serempak dan pada posisi yang sama tinggi dengan kedua bahu dengan sikap mendarat.

Nah, itulah cara melakukan renang gaya dada yang bisa Anda coba. Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda  berkonsultasi pada instruktur renang agar memperoleh petunjuk dan bisa melakukannya secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *